Wednesday 27 January 2016

Misteri Masjid Tiban Tampak Masjid Tiban

Masjid Tiban tampak dari utara
www.tibanbabussalam.blogspot.com Misteri berdirinya Masjid Tiban Babussalam yang berlokasi di Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo ini, hingga kini belum terungkap. Ada beberapa pendapat, namun tidak perlu diperdebatkan karena perbedaan membuat perbendaharaan pengetahuan kita akan bertambah.

Ada dua pendapat yang saat ini dipercaya oleh masyarakat. Pertama, masjid tiban berdiri sendiri tanpa ada yang membangun, karena tak satupun warga sekitar masjid kala itu, melihat proses pembangunannya. Tidak salah kalau masjid yang ada di utara jalan raya Soekarno-Hatta ini diberi nama tiban. Artinya, terjadi secara tiba-tiba (Ketiban, Bhs Jawa), 

Kedua, dari kata tiban ada yang mengartikan titiban. Artinya, masjid yang namanya sudah ditambah Babussalam ini merupakan titiban. Siapa yang menitipkan dan siapa saja yang dititipi ? inilah pertanyaan yang hingga kini belum terkuak. Tugas kita adalah, bukan menguak misteri tersebut. Namun paling tidak meyakini dan merawat peninggalan leluhur kita ini. 
Karenanya, kita tidak perlu berdebat untuk mengetahui kebenarannya. Jika perdebatan yang kita lakkukan, tentu tidak akan selesai dan akan menambah permusuhan. Padahal, misteri tersebut  sampai kapanpun tidak akan pernah terjawab. Kecuali para pakar dan ahli sejarah yang melakukan penelitian. Itupun hanya sebatas mengetahui usia dan asal-usul bahan bangunan yang digunakan masjid tiban. Sedang siapa yang membuat, mereka masih mereka-reka.   


No comments:

Post a Comment